Post Image

Menjemput Kemenangan: Tentang 4 Desember, 2018

Brigata Curva Sud atau yang biasa disebut BCS ialah salah satu kelompok suporter Sleman yang mendukung tim sepakbola lokal PS Sleman. BCS sendiri sudah berdiri sejak 2011. Seiring berjalannya waktu kelompok ini terus berkembang. Ada 8 Manifesto BCS. Awaydays,adalah salah satu manifesto yang berjalan dengan konsisten di perjalanan PSSleman Juara Liga 2. Awaydays sendiri adalah ‘perjalanan panjang’ yang dilakukan suporter untuk mendukung tim kebanggaan.

Sebagai pendukung setia PS Sleman, Awaydays adalah wajib dilakukan sebagai bentuk cinta pada tim kebanggaan. Stadion Pakansari, Bogor jadi destinasi saya dan kawan-kawan. Pertandingan Final Liga 2akan digelar disana tepat tanggal 4 Desember 2018. Kemenangan diperebutkan PS Sleman dan Semen Padang FC untuk menajdi Juara Liga 2 dan naik ke kasta tertinggi sepakbola di Indonesia.

Tidak terasa hari telah berganti, malamkami lalui begitu saja hingga menjadi pagi yang cerah, pertanda kami telah memasuki wilayah Jawa Barat. Kami singgah di warung soto untuk sejenak beristirahat dan sarapan. Cuaca juga sangat mendukung di Bogor, dingin dan soto merupakan perpaduan yang serasi.

Perut sudah terisi perjalanan kamilanjutkan. Tujuan menyambut kedatangan kami setibanya di Bogor. Kemudian kami mencari pom bensin untuk membersihkan diri dan bersiap menuju Stadion Pakansari.

Kami mendapat sambutan yang ramah dari parawarga. Tepat di tengah kota Cibinong berdiri megah bangunan kebanggaan warga Bogor, Stadion Pakansari. Sekadar menyempatkan diri untuk berkeliling danberfoto menggunakan kaos “Kulo Nuwun Liga 1” . Kaos merchandise BCSyang keuntungannya akan diberikan kepada PSS sebagai bonus untuk para pemaindan pelatih.

Ribuan Sleman Fans datang memenuhi sudut-sudut tribun. Mulai dari anak kecil hingga orang tua, bahkan mereka rela meninggalkan sekolah, kuliah hingga pekerjaan hanya untuk mengawal kebanggaan.Tentu bukan merupakan contoh yang baik, tetapi tidak ada satupun yang mau kehilangan momen spesial untuk mendukung tim kebanggaannya di laga penentuan ini. Banyak orang berkata “selalu ada cerita di setiap Awaydays”, itubenar dan saya merasakannya sendiri.

Hari ini stadion penuh sesak dipadati suporter dari masing-masing tim. Sleman Fans benar-benar berpesta malam ini.Peluit pertandingan berbunyi, kick off babak pertama Laga Final Liga 2telah dimulai. PS Sleman menang! 2-0! Melalui gol Gonzales di menit 11 dan Rival Lastori di menit 26, PS Sleman berhasil menaklukan Semen Padang.

Awaydays sangat berkesan. Atmosfer stadion yang sangat luar biasa. Kembang api menari-nari dilangit. Gemuruh, flare menyala beriringan. Tangis, tawa, haru, pecah dengan kebersamaan menggetarkan Stadion Pakansari. Semakin pecah saat chant “ican’t stop falling in love with you” dinyanyikan. Sleman benar-benar berpesta. 4 Desember 2018 yang tak terlupakan. Tradisi Awaydays harus diteruskan. Panjang umur para pejuang Awaydays!!

-Endah