Post Image

Doktrin Yang Melekat

Mendukung PS Sleman tak cukup hanya dengan berdiri dan bernyanyi selama 2x45 menit, masih banyak hal hal yang dapat kita lakukan untuk memberikan support kepada PS Sleman maupun juga untuk menghidupi BCS ini sendiri. Kalimat “Melbu BCS kui gampang, tapi dadi BCS kui sing angel” sering kita dengar dan jumpai di tongkrongan-tongkrongan komunitas atau sezione BCS bahkan telah banyak akun-akun media sosial yang telah mengabarkan kalimat ini sebagai acuan dan pegangan kita sebagai seorang Brigata Curva Sud. Sebagai seorang penghuni Tribun Selatan Stadion Maguwoharjo kita harus memiliki pegangan dan sikap dalam mendukung tim PS Sleman dan tentunya juga rasa kebersamaan antar penghuni Tribun Selatan maupun Sleman Fans lainnya.

BCS telah menulis Manifesto di website www.bcsxpss.com agar kita selalu ingat, belajar dan jalankan sebagai pegangan kita dalam mendukung PS Sleman. Sebagai seorang Brigata Curva Sud kita harus menjadi supporter yang cerdas. Cerdas hal ini tak melulu dengan harus menaati aturan-aturan yang ada di Federasi maupun di Manajemen Tim PS Sleman sendiri. Namun kita harus dapat berfikir Panjang mengenai kebaikan-kebaikan tim ini. Mengingat, BCS ini dulu lahir karena perlawanan dan BCS kali ini telah terbiasa juga untuk melakukan perlawanan kepada orang-orang yang ingin atau akan menjadikan PS Sleman ini mainan dan ladang bisnis. Tentunya perlawanan disini dilakukan dengan memulai cara-cara yang baik dan intelektual, tak melulu tentang aksi yang barbar.

Sebagai seorang BCS, tidaklah mungkin jika kita tidak mengorbankan suatu hal dalam dirikita demi mendukung PS Sleman. Pikiran, Harta, waktu, tenaga, jiwa, raga,bahkan keluarga sering kali harus dikorban untuk mendukung PS Sleman dimanapun dan kapanpun serta mendukung pergerakan pergerakan yang dilakukan oleh BCS sendiri. Kita boleh menjadi bagian dalam pergerakan pergerakan yang dibuat atauvsedang direncanakan oleh komunitas komunitas, sezione maupun dari BCS keseluruhan. Teman teman penghuni Tribun Selatan ini saat ini sedang “On Fire’’ dalam membuat suatu dukungan kepada Tim PS Sleman dengan cara lain dan mau membuat BCS ini semakin hidup dengan banyaknya pergerakan pergerakan yang positif.

             Kepekaan atas kepedulian terhadap tim ini lahir dengan sendirinya dan tidak ada alasan unntuk tidak mengajak teman teman lainnya untuk bisa ambil bagian dalamvpergerakan yang akan dilakukan. Gigs, Expo, Mural, Bomb Poster, dan karya karya lainnya sering digunakan untuk mengekspresikan rasa cinta kita kepada tim ini.Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam mendukung tim ini, tinggal bagaimana kita mau untuk belajar, berfikir, dan berusaha merealisasikannya. Para sesepuh-sesepuh BCS dulu dan sekarang sering memberi kita wejangan-wejangan yang harus kita terima dan taati dalam menentukan sikap kita mendukung Tim PS Sleman. Sebagai seorang individu juga kita juga harus memiliki sikap sendiri walaupun berbeda dengan yang lain asal kita dapat menerima perbedaan dan asalkan tujuannya untuk PS Sleman, kenapa tidak?

Pemahaman pemahaman mengenai apa yang bisa kita lakukan dan pengorbanan yang harus kita lakukan untuk mengawal sang kebanggaan merupakan beberapa contoh pembahasan yang pastivkita dengar di tongkrongan. Tentang bolos kuliah atau kerja sekalipun jika tujuannya untuk mendukung PSS dikandang ataupun diluar kendang harus kami lakukan untuk mengawal sang kebanggan. Pengorbanan waktu, pikiran, tenaga,materi, dan apapun harus bisa kita lakukan karena mendukung PSS itu tidak boleh setengah setengah. Sebagai seorang “Ultra” kita harus memberikan hal hal lebih dari yang dilakukan oleh suporter suporter di tim lain.

Kita harus selalu bersama sama menghidupi BCS secara keseluruhan atau paling tidak dapat menghidupi keluarga kecil (komunitas) dengan menghadiri setiap perbincangan perbincangan yang ada di tongkrongan, memberikan ide ide liar yang muncul kepada teman-teman untuk memberikan suatu karya atau pergerakan untuk PSS ataupun BCS sendiri dan juga tak pernah Lelah dalam mendukung PSS dimana dan kapanpun berada. Bukan bermaksud menggurui atau apa, mari kita sama sama belajar dan saling mengajak teman-teman kita yang berada di Tribun Selatan untuk selalu semangat dan tidak kendor walaupun banyak kerikil kerikil yang berserakan.

Ale !

 

-Agx